Translate

Promosi ( Promotion )


Pengertian promosi menurut Bayu Swata (2000 :349) adalah:

“ Info atau persuasi satu arah yang dibuat untuk mengarahkan seseorang atau organisasi kepada tindakan yang menciptakan pertukaran dan pemasaran ”.

Sedangkan menurut Philip Kotler dan Gery Amstrong (2001 : 68) promosi adalah:

“ Aktivitas yang mengkomunikasikan keunggulan produk dan membujuk pelanggan sasaran untuk membelinya”

Dari pengertian diatas dapat disimpulkan bahwa promosi adalah suatu kegiatan untuk menyampaikan informasi atau berkomunikasi antara penjual dan pembeli potensial yang besifat menyebarkan informasi, mempengaruhi, membujuk, dan mengingatkan pasar sasaran untuk menciptakan permintaan atas produk barang atau jasa yang ditawarkan perusahaan.

Menurut Dharmesta (2001 : 222) bahwa bauran promosi (promotion Mix) terdiri dari :

a. Advertising (periklanan), komunikasi non individu, dengan sejumlah biaya, melalui berbagai media yang dilakukan oleh perusahaan, lembaga non lembaga, serta individu-individu.

b. Sales Promotion (Promosi Penjualan), Kegiatan-kegiatan pemasaran selain personal selling, periklanan, dan publisitas, yang mendorong efektivitas pembelian konsumen dan pedagang dengan menggunakan alat-alat seperti peragaan, pameran, demonstrasi, dan sebagainya.

c. Personal Selling (Penjualan Secara Pribadi), interaksi antar individu, saling bertemu muka yang dintunjuk untuk menciptakan, memperbaiki, menguasai, atau mempertahankan hubungan yang saling menguntungkan dengan pihak lain.

d. Public Relation (Hubungan Masyarakat),merupakan upaya komunikasi menyeluruh dari suatu organisasi untuk mempengaruhi persepsi, opini, keyakinan, dan sikap-sikap kelompok terhadap organisasi tersebut.

e. Direct Marketing (Pemasaran Langsung), sistem pemasaran yang bersifat interaktif yang memanfaatkan satu atau beberapa media iklan untuk menimbulkan respon yang terukurdan atau transaksi di sembarang lokasi.

Tujuan promosi menurut Lamb, Hair, McDaniel ( 2001 :157 )

1. Memberikan Informasi (Informing)

· Meningkatkan kesadaran atas produk baru, kelas produk, atau atribut produk.

· Menjelaskan bagaimana produk tersebut bekerja.

· Menyarankan kegunaan baru suatu produk.

· Membangun citra suatu perusahaan.

2. Membujuk pelanggan sasaran (persusif)

· Mendororng perpindahan merek.

· Mengubah persepsi pelanggan terhadap atribut produk.

· Mempengaruhi pelanggan untuk membeli sekarang.

· Merayu pelanggan untuk datang.

2. Mengingatkan (reminding) terdiri atas:

· Mengingatkan konsumen bahwa produk mungkin dibutuhkan dalam waktu dekat ini.

· Mengingatkan konsumen dimana untuk membeli produk tersebut.

· Mempertahankan kesadaran konsumen.

Dari ketiga tujuan promosi diatas dapat disimpulkan bahwa tujuan promosi yaitu untuk mengenalkan produk-produk perusahaan kepada konsumen agar konsumen memahami produknya, merubah sikap konsumen tentang produk yang ditawarkan, kemudian konsumen menyukai dan yakin terhadap produk tersebut dan akhirnya konsumen mengkonsumsi produk tersebut.

1 komentar:

softwarebali mengatakan...

thanks udah visit di blog saya sob..oh ya link nya udah saya add disini
Tukar Link